Investasi Mulia

Tentunya udah pada familiar dong dengan yang namanya Logam Mulia, atau lebih beken dengan sebutan LM, sebagai salah satu instrumen investasi? Tren emas yang selalu naik banyak tiap tahunnya memang bikin logam mulia batangan ini jadi hits berat. Apalagi sifatnya cukup likuid, kalau butuh gampang di jual lagi atau cukup di gadaikan aja.

Dan ternyata sekarang ini yang namanya Pegadaian itu nggak cuma tempat untuk menggadaikan surat/perhiasan berharga, tapi bisa juga untuk beli tunai dan cicil LM, lho.

Nama layanan ini adalah MULIA (Murabahah Logam Mulia Untuk Investasi Abadi).

Asik banget ya, jadi ada alternatif pilihan untuk bisa punya LM selain beli tunai. Karena namanya hidup ya, kadang mau diniatin begitu punya uang, eh taunya ada kebutuhan mendadak jadi terpaksa dialihkan ke yang lain. Ditunggu-tunggu uangnya kok nggak cukup-cukup, sementara harga emas makin hari makin naik. *laah curcol mbak?* 😀

Nah, dengan investasi Mulia di Pegadaian ini, sekarang bisa angsur LM impian sesuai kemampuan, dengan pilihan masa angsur dari hitungan bulan sampe 3 tahun lamanya. Tinggal pilih juga mau emas yang 5 gram sampai 1 kilogram, semua bersertifikat resmi Antam.

image

Caranya juga gampang, cukup datang ke Pegadaian terdekat, baik konvensional atau Syariah. Saya kurang pasti juga, tapi kayaknya perhitungan cicilannya hampir sama. Cukup bawa KTP asli yang masih berlaku dan uang DP sebesar 25% dari harga LM per hari itu. Kalo bisa tanya-tanya dulu aja skema angsuran yang mau di ambil, tentunya sesuai kemampuan. Atau bisa juga contek di sini, simulasi kredit nya di update per hari. Sudah di cek dan confirmed sama persis dengan skema angsuran saya untuk pembelian LM per hari ini.

Oh ya, Pegadaian nggak bisa terima debit atau kartu kredit apalagi gesek KTP yah, jadi saran saya pastikan bawa uang cukup untuk DP nya daripada repot bolak-balik ke atm 😀

Selain DP, yang juga harus di bayar di muka juga ada biaya admin sebesar 50 ribu dan ongkos kirim 18 ribuan (untuk pecahan LM 10 gram), makin besar gram nya makin besar ongkirnya. Tapi jangan khawatir, masih lebih mahal harga kopi di Setarbuk kok. Di Pegadaian nggak dikenal istilah bunga, melainkan margin. Contohnya untuk 10 gram dengan pembiayaan 5,452,000 selama 6 bulan kena margin ‘cuma’ 327 ribuan, angsuran perbulannya cukup 723 ribuan. Lumayan kan 😀

Tanggal kita ajukan cicilan ini dijadikan tanggal jatuh tempo, tapi selama bulan belum ganti nggak akan di hitung over due. Misalnya jatuh tempo saya tiap tgl 1, tapi baru bisa bayar tgl 25 misalnya, selama masih di bulan yang sama, nggak apa-apa.

Prosesnya pun cepet kok. Setelah bayar DP dan tanda tangan akad, nggak sampai 10 menit kelar deh. LM aman di simpan Pegadaian sampai cicilan kita lunas. Enaknya lagi, skema cicilannya nggak mengikat. Mau perbesar DP supaya cicilan lebih kecil, bisa. Nanti dihitung ulang. Tiba-tiba dapat uang kaget dan langsung lunasin cicilan misalnya, bisa juga dan nggak akan kena denda. Karena mereka sudah ambil margin di awal.

Di beberapa pusat perbelanjaan tertentu, pegadaian sekarang juga buka di hari Sabtu dan Minggu, kalo nggak salah sampai jam 1 siang. Yang saya tau diantaranya ada di ITC BSD dan Poins Square. Bahkan katanya ada juga yang mengikuti jam operasional mal. Jadi buat yang nggak bisa ke Pegadaian di hari kerja, bisa shopping sambil cicil LM di mal. Huehehe.

Asik kan? 🙂

Advertisements

8 thoughts on “Investasi Mulia

  1. Iiiih, aku mauuuu… Nggak perlu bingung juga ya nyimpen emasnya. Ntar kalo udah selesai cicilan baru diambil trus nyicil yang baru gitu. Ah, keren. Makasih infonya, mak…

    • Sama-sama mak. Aku juga jd semangat invest sejak tau bisa cicil LM, hihi 😀

      Oh ya, dia juga ada layanan penitipan/penyimpanan surat berharga/ dokumen/sertifikat dan barang berharga lainnya (LM,perhiasan dll) lho, cuma belum tau berapa nya. Kabarnya sih cukup murah. Lebih aman, pula kan. I heart Pegadaian so much deh! *ngelamar jadi buzzer*

  2. Pingback: Lunas! | Making Memories

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s