Belajar calistung ala Bimba AIUEO

Seperti yang udah diceritain sebelumnya soal keparnoan orang tua yang anaknya mau masuk SD tapi belum lancar calistung, sekarang banyak banget tempat les yang bantu meringankan keribetan ortu ngajar anak dirumah anak belajar dengan metode yang lebih fun dan (katanya) dijamin lebih cepat bisa.

Salah satu yang paling tenar sekarang mungkin Bimba AIUEO ini. Bergaransi pula, katanya.

GARANSI BCA 372 bebas yang berarti biMBA memberikan JAMINAN Bisa baCA kata sederhana untuk anak mulai usia 3 tahun 0 bulan dalam waktu 72 jam belajar di kelas bebas, meskipun  tanpa harus dibantu di rumah. Jika dalam waktu 72 jam belajar di kelas anak belum mampu membaca kata sederhana, biMBA akan memberikan bimbingan secara intensive dan GRATIS sampai anak bisa — (dikutip dari website Bimba)

Berikut sedikit yang coba saya review berdasarkan pengalaman Alea (4y2m) ikut trial di Bimba.

Jadi ceritanya, pas saya lagi ngobrol-ngobrol sama salah satu ortu murid di PG, sang ibu merasa kurang puas sama perkembangan anaknya yang belum banyak kenal huruf dan angka, apalagi karena sekolah cuma 3x seminggu, dia merasa ilmu yang diajarkan selama 1 jam itu nggak banyak. Ya wajar sih, toh anak playgroup memang seharusnya masih pengenalan konsep sekolah, bermain sambil belajar (baca: nyanyi-nyanyi), makan bareng, belajar rutinitas, dsb.

Dari situ sang ibu bilang bahwa kayaknya tahun ajaran berikutnya mau di masukkan ke Bimba aja, biar belajar calistungnya lebih intensif.

Saya yang penasaran, coba googling dan sempat liat beberapa video suasana belajar beberapa cabang bimba ini di youtube. Eh kok kayaknya seru ya? Cara mengajarnya keliatan interaktif, dan pake nyanyi-nyanyi segala.

Akhirnya beberapa hari yang lalu, coba dateng lah ke tempat ini. Apalagi masih dalam 1 komplek. Tempatnya bisa dibilang biasa aja. Rumah tipe 45 yang dijadikan tempat les. Di ruang depan yang merangkap jadi ruang tunggu, cuma ada meja penerima tamu. Yang nunggu lesehan dibawah, ada kursi plastik juga sih, cuma nggak banyak. Ruang belajarnya pun cuma beralas matras karet, belajarnya juga lesehan dengan meja belajar yang bisa diangkat dan dilipat. Cukup nyaman meski cuma pake kipas angin. Di dindingnya ditempel berbagai macam hasil kreasi anak-anak mewarnai/menggambar. Nggak ada mainan macam ayunan atau seluncuran. Katanya sih supaya konsentrasi anak nggak terganggu.

Diperuntukkan untuk anak usia 3-6 tahun. Lama sekali pertemuan cuma 1 jam. Waktunya bisa pilih antara jam 8.00 pagi – 16.00 sore. Gurunya ada 3, maksimal pegang 4-5 anak.

image

Biaya pendaftaran: 250ribu
(sudah termasuk kaos, tas dan modul ekslusif Bimba)

Kelas standar (1 guru 4 murid)
Standart 2 – seminggu 2x : 125rb/bln
Standart 3 – seminggu 3x : 175rb/bln
Standart 4 – seminggu 4x : 225rb/bln
Standart 5 – seminggu 5x : 275rb/bln
Standart 6 – seminggu 6x : 325rb/bln

Kelas Khusus (1 guru 2 murid)
Khusus 2 – seminggu 2x : 250rb/bln
Khusus 3 – seminggu 3x : 350rb/bln
Khusus 4 – seminggu 4x : 450rb/bln
Khusus 5 – seminggu 5x : 550rb/bln

Paket 72 jam (1 guru 4 murid) : 900rb/paket.

Masih belum bisa menentukan mau daftar atau nggak? Boleh coba gratis. Dan ternyata trial disini nggak cuma satu kali, melainkan boleh 3x selama 3 hari berturut-turut.

Sebagai pecinta gratisan, jadilah besoknya saya coba ajak Alea trial.

image

Hasil trial Alea selama 2 hari

Seperti yang dilihat dari hasil trial Alea di atas, metodenya bukan hal yang baru ya. Sama aja kayak yang ada di buku-buku belajar calistung yang dijual bebas di toko buku. Cuma karena kertas soalnya beragam dan nggak terlalu banyak, gurunya pun sabar dan komunikatif jadi anak nggak cepat bosan.

Lagi-lagi karena alasan supaya anak bisa konsentrasi, orang tua/penunggu nggak diperbolehkan ikut masuk ke ruang belajar. Kecuali anak yang masih perlu didampingi karena masih takut berduaan sama orang baru (baca: gurunya), tapi sepengetahuan saya kemarin rata-rata anaknya ditinggal sih.

Yang bikin saya kagum adalah, Alea mau mewarnai sampai selesai! Padahal di sekolah, gurunya bilang Alea agak malas-malasan kalo soal mewarnai. Kertas gambar yang di bawa pulang pun biasanya cuma separo aja yang di warnai. Mungkin dia lagi jenuh aja sih, atau pendekatan gurunya kurang oke? Entah deh.

Selesai trial, saya bicara sedikit dengan sang guru bimba. Dia bilang pada dasarnya Alea basic nya sudah sangat oke, karena memang sebelum sekolah pun dia sudah khatam abjad huruf warna. Tinggal dilancarin lagi aja. Anaknya pun aktif dan cepat sekali nangkapnya. Terbukti nilai di kertas soalnya bagus-bagus. Alhamdulillah.

Saya tanya Alea, dia bilang dia seneng dan mau les disitu. Kemarin dapat trial jam 8 pagi, begitu saya bilang mau Bimba, pas bangun tidur jam 7 dia cepat banget manut disuruh mandi dan sarapan, padahal biasanya kadang perang urat dulu, apalagi kalo libur sekolah, heuheu.

Saya masih belum yakin apa Alea perlu ini. Suami bilang nggak apa-apa coba ikut yang 2x seminggu aja, hitung-hitung ngisi waktu luang dia libur sekolah. Toh cuma satu jam.

We’ll see deh 🙂

Oh ya kalo mau tahu lebih detil soal Bimba dan dimana aja cabangnya, bisa liat di sini.

Advertisements

41 thoughts on “Belajar calistung ala Bimba AIUEO

  1. Nah, anaknya sepupu gue ada yang nggak TK, tapi masuk Bimba ini Hen. Pas mau dimasukin TK, dia malah nggak mau karena bosen. Tapi emang anaknya pinter banget. Terus testimoni beberapa temen gue juga bilang, meski di sini belajar baca, hitung dll, tapi suasananya fun banget dan anak2nya demen.

    Gue jadi labil kan ye, (ya emang dasarnya labilan sih :P), antara pengen masukin Nadira ke sini atau nggak. Apalagi you know kan skrg kalo kita masupin anak les baca, dicap ortu kejam hahaha.. Trus lo jadi gak masukin Alea ke sini? Gue jadi tertarik mau trial deh. Kebetulan deket rumah ada soale 🙂

    • Gue juga masih dilema nih, Ra. Soalnya tahun ajaran depan kan Alea jadwal masuk sekolah udah tiap hari, pulang udah 11.30. Nah Bimba deket rumah ini ternyata gak ada yang sore, sedangkan kalo siang abis pulang sekolah kok kesian ya, udah lama di sekolah eh tambah les lagi, ganggu jadwal tidur pula. Emak super kejam gak ntar dibilangnya? 😀 Haahaa.

      Soal kemajuan anak les disitu, relatif sih kata gurunya. Ada yang sebulan dua bulan aja udah bagus banget progressnya, ada yang lamaaaa banget. Memang tiap anak unik sih ya. Tapi sepengamatan gue kmrn itu, anak2nya memang keliatan fun dan gurunya sabar2. Coba aja lo masukkin Nadira trial disitu dulu, kalo suka dan sreg ya lanjut. Disini banyak juga anaknya yang lsg TK B cuma demi gampang ke SD, padahal ga TK pun juga bisa sih katanya. Kan nanti dari Bimba ada sertifikatnya.

      Oh ya di Bimba ada PR nya juga lho, jadi tetap aja ortu mesti sedikit bantu ngajarin (meski di brosurnya blg ga perlu dibantu di rumah).

  2. Sebetulnya, PMR (Per-Mainan Rumah, bukan PR, Pekerjaan Rumah) kalau bisa tidak perlu diajarkan oleh orang tua, karena takutnya orang tua belum paham tentang metode bimba. Yang perlu diperhatikan kalau di rumah adalah orang tua sering2 berkominikasi lewat dongeng (diagam – dialog dengan gambar), dan jangan lupa tetap memuji selesai anak mengerjakan PMR-nya, terlepas dari hasilnya. Karena di bimba, yang ditekankan adalah prosesnya Bu, bukan hasilnya. Kalau dalam proses menumbuhkan minat (kesukaan) anak terhadap belajar sudah berhasil, hasil hanya tinggal menunggu waktu, karena apapun yang disukai, biasanya mereka akan dengan senang hati mengulang-ulang sampai bisa.

    O ya, buat para Mama, yang ingin belajar metode bimba (siapa tahu bisa mengajarkan anak, atau keponakannya) bisa mampir di http://www.diklatbimba.com. Gratis kok, tinggal daftar, nanti dibalas via email username dan password, atau kalau mau lihat2 dulu silakan.

    O ya (lagi), ada peluang bisnisnya juga loh… punya bimba sendiri, murah meriah… tapi di luar Jabodetabek.

    Salam bimba, tetap semangat dan tetap belajar!

  3. masa sih dapat baju+tas??????
    anak pertama sy masuk d bimba unit pulomas gga dapat tas nya…
    pendaftaran tahun 2012 @250rb
    SPP 175rb/bulan (3x seminggu)
    tapi…untung AGUSTUS 2013 spp naik jadi 250rb/bulan (3x seminggu).

    anak ke-2 sy pendaftaran @300rb (tdk dpt seragam&tas)
    SPP 175rb/bulan (3x seminggu)
    tapi baru masuk 3bulan SPP SUDAH NAIK MENJADI 250rb/bulan (3x seminggu)

    • Ini berdasar pengalaman anak saya trial dan tanya2 di Bimba dekat rumah yaa (pamulang), kurang tau kalo ternyata kebijakan tiap Bimba agak beda, namanya juga usaha franchise mbak.

  4. Siang… Bu… Saya minta no telp bimba alamat palembang ya. Soalnya tidak tertera di websitenya. Terimakasih sebelumnya.

    • Dear Ibu Yenni,

      Alamat biMBA AIUEO di Palembang
      Ruko Villa Bunga Mas, Jalan Kebun Bunga No.10 Sukarame, Palembang.
      Nomor telp yang bisa dihubungi 0813 51804971.

      Semoga dapat membantu.

      • Terima kasih bu Niesa.

        Anak ibu les di aiueo ga?

        Ada yang tau ga tentang sekolah TK adilla mulia yg di km 9 ?

      • dear Mbak NIsa, mohon info alamat dan no telp bimba di daerah kulon progo di yogyakarta, atau godean sleman. Tks

  5. iya alhamdulillah anak sy masuk binba br 6bln sdh tau hurung.. dan guru nya masyaAllah sabar bgt padahal anak sy termasuk akktif.. walopun 1 jam tp berkualitas..

  6. biMBA AIUEO PURI SURYA JAYA Hadir di gedangan sidoarjo.Jl.Raya Pasadena Blok C1-24 Perum PURI SURYA JAYA (DEPAN PINTU MASUK SPORT CLUB)Gedangan Sidoarjo.Tlp 031-92441844

  7. Modul yang diajarkan di BIMBA-AIUEO sangat lengkap 2 bulan belajar disana anak saya yang berumur 4 tahun sudah bisa membaca kata sederhana dan sekarang sudah masuk ke level 2 yaitu menyusun kata..nice share BIMBA …

  8. Boleh ikutan nimbrung ya.. Anakku jg di biMba aiueo daerah bekasi.
    Kok di bimba anakku pendaftaran mahal ya smp 500rb

  9. Pertama kali masuk bimba aiueo anakku seneng bgt smpe ikut trial 3x jg msh seneng,terus sy bertanya sama guruny anakku bs menyesuaikan ga?kt guruny bisa bu..tp masuk bimba harus byr pendaftaran dan byr sppny setelah sy bayarkan smuany ternyata anakku kurang minat banget buat belajar.smpe pertemuan yg ke 5 nangis terus masuk kelas entah kenapa sebabny smpe sekarang jg nangis…saya bingung harus gimana ap saya masukin anak kecepetan karna umurny masih 3 tahun 4 bulan?padahal klo di website bimba anak umur 3 th dh bs mengenal sdktny kata pendek..dh hmpr sebulan anakku di bimba blum ad perkembangan..mnta solusiny agar anak saya minat membacany apa yg hrs sy lakukan sbgai orang tua?

  10. maaf bu saya mau tanya saya tertarik dengan bimba ini, ,lalu terbesit pemikiran untuk ingin melamar menjadi salah satu guru di bimba,dan anak saya juga ingin saya sekolahkan di bimba ,kira kira bisa tidak ya???

  11. Untuk biaya sekolahnya kok beda ya sama yg di tabel.ditempat saya 3x pertemuan dlm seminggu.biayanya 220rb.beda sm di tabel.kok bisa…apa beda tempat atau wilayah kah?

  12. well. ibu2 wajib di coba, anak ku, meisya, skrg baru 4 thn, sdh masuk bimba dr umur 3 thn. bukan krn aku maksa loh.. tp atas kemauan anaknya sendiri, stlh ikut2 ponakan ku bljr dsna.. alhamdulilah sudah lulus level 1. dia sdh bisa abjad,angka,menghitung dan membaca kalimat2 sederhana seperti “sisir,kumis,bibir,pintu dll” pokoke ga nyesel aq. gurunya baik dan ramah, anakku udh nempel deh, gurunya jg dah paham betul sm sifat anakku, sabarrr banget.. bimba is the best lah

  13. Assalamualaikum…bapak/ibu guru yg terhormat…kenapa di daerah kalimantan timur belum ada????padahal sya minta sekali utk mengeleskan anak sya di bimba ini

  14. Alamatnya di jakarta timur cijantung , kaliasari infokan dong bu. Sy lg nyari bimba yg ada jwlnya sore jam 16. Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s