Being Left Handed is not a Crime

Lupa persisnya sejak kapan, Alea fasih pakai tangan kiri untuk megang sesuatu. Dan sekarang di usianya yang menginjak 4 tahun lebih, makin positif lah bahwasanya dia lebih lihai menggunakan tangan kiri ketimbang tangan kanannya. Padahal setahu saya, riwayat keluarga saya dan suami semua pengguna tangan kanan. Dan ternyata memang, kidal karena keturunan itu pun sedikit sekali.

Awalnya saya coba pelan-pelan mengubah orientasi dia melakukan sesuatu ke tangan kanan, tapi yaa mungkin pada dasarnya kemampuan dominan otaknya di kanan, tentu aja lagi-lagi balik pake tangan kirinya. Di kasih pensil di tangan kanan, pasti di oper ke kiri. Coba dekatin barang-barang di sebelah kanan misalnya, nantinya di ambil oleh tangan kirinya juga. Makan pun dia sering kelupaan nyuap pake tangan kiri.

image

Coba browsing soal ini, dan banyak menemukan artikel menarik seputar si pengguna tangan kiri ini.

Kemampuan anak kidal menggunakan tangan kiri berkaitan dengan fungsi otak kanan dan otak kiri yang sudah terprogram sejak anak berada dalam kandungan. Otak kiri berfungsi untuk mengatur kemampuan berbahasa, berbicara, membaca, menulis dan segala sesuatu yang berkaitan dengan tata bahasa. Otak kanan berfungsi untuk kemampuan kreativitas dan persepsi, pengenalan dimensi ruang dan situasi, kewaspadaan, serta perhatian dan konsentrasi. Biasa dikenal dengan kemampuan matematik. Kemampuan anak kidal terletak pada perkembangan otak kanannya yang lebih baik dibanding otak kirinya. Sebaliknya, anak yang memiliki kecenderungan tangan kanan, berarti otak kirinya memiliki perkembangan lebih baik. Anak kidal atau bukan biasanya mulai terlihat saat usia 2-3 tahun dan akan menjadi permanen pada usia 6 tahun. Kebiasaan anak kidal bisa diubah sebelum dia berusia 6 tahun. Lakukan secara bertahap dan jangan memaksa. {Sumber dari sini}

Saya dan suami, untungnya karena udah lama cari info soal ini, sepakat untuk nggak memaksa dia beralih ke tangan kanan. Hanya untuk hal-hal tertentu kayak makan dan aktifitas sosial seperti salaman, menerima barang dari orang lain, kami terus melatihnya untuk menggunakan tangan kanan. Selain faktor kesopanan dalam adat ketimuran, agama juga menganjurkan demikian. Lagipula anak yang terbiasa menggunakan kedua tangannya bisa membuat kedua belahan otaknya sama aktif dan berkembang baik.

Yang jadi PR buat kami orang tuanya tentunya karena stigma orang kita yang banyak masih berpikir bahwa tangan kiri = tangan jelek. Padahal Tuhan ciptakan seluruh anggota badan kita sesuai fungsinya kan, nggak ada yang bagus dan jelek.

Penting baginya untuk tetap diterima lingkungan dengan baik. Kidal merupakan keistimewaan, bukan aib dan bukan hal yang memalukan/jelek. Nggak perlu dijuluki aneh-aneh. Kemampuan belajar mereka sama baiknya kok (bahkan katanya lebih baik, cmiiw) dengan yang dominan tangan kanan. Jangan sampai rasa percaya dirinya terhambat bila segala sesuatu yang dia kerjakan dengan tangan kiri dibilang tangan jelek.

Einstein, Picasso, Benjamin Franklin, WA Mozart, Leonardo da Vinci, Oprah, Bill Gates, Obama… mereka ini adalah tokoh-tokoh dunia yang meskipun kidal, mereka mampu sukses melebihi orang-orang normal.

Semoga kita jadi orang tua yang berlapang dada dan selalu sabar dalam mendidik anak-anak kita untuk menjadi lebih baik tanpa harus mengekang dan memaksakan kehendak kita sebagai orang tua. Biarkanlah anak-anak mengekspresikan diri mereka sesuai dengan tumbuh kembang dan kecerdasan otaknya 🙂

Advertisements

52 thoughts on “Being Left Handed is not a Crime

  1. Setujuuuh. Saya sama istri juga berpikiran kalo Aaqil anak kami kidal malahan akan semakin kami dukung. Sama-sama right handed person yang suka kagum ama kekerenan orang kidal.
    🙂

  2. Rite..rite..kecenderungan nulis dan lainnya dgn tangan kiri mmng bukan kesalahan. Tinggal diarahin aja lg, yg sunnahnya kanan sprt makan, yg pke tangan kanan.
    Suka tulisan ini

  3. Suka sekali postingan ini, tetap dukung anak dengan kondisi apapun. Wah si kecil bakalan hebat di masa depannya nih, sapa tahu jadi penulis lagu atau bahkan ilmuwan, salut Mbak Heny kamu bijak banget 😀

  4. iya gak ada salahnya kok, itu cuma stereotip masyarakat yang menganggap penggunaan tangan kiri adalah hal yang kurang sopan dan gak biasa. jangan sampai hanya karna masalah kidal, bakat anak jd ikut dikerdilkan.

    • Totally agree! Sering saya terganggu kalo ada yang negur dan bilang “pake tangan bagus/manis dong”, saya suka gemes kepengen coba suruh dia nulis pake tangan kiri, biar tau rasa tersiksa nya anak left-handed untuk nulis pake tangan kanan.

  5. Adik bungsuku -cowok, skrg 16tahun juga kidal- saya sempat “memaksanya” menggunakan tangan kanan tapi justru membuatnya terpaksa dan tidak lincah bergerak. Akhirnya, ya sudah dibiarkan saja menggunakan tangan kiri.

  6. of course it’s not a crime..
    aku punya beberapa kenalan yang kidal dan berprestasi kok..
    tapi mungkin memang untuk makan perlu dibiasakan pake kanan, karena sunnahnya begitu kan ya..
    sukur2 kalo alea bisa pake kedua tangan sama baik 😀

  7. Ih aku ngiriiii banget sama orang kidal. Malah dulu pengen banget bisa nulis pake tangan kiri. Berasa keren. Tapi yaudahlah ternyata emang susah belajar nulis pake tangan kiri. Mungkin gini juga kali ya rasanya orang kidal yang disuruh nulis pake tangan kanan.. tersiksaaa..
    Mba bijak dan sabar banget deh.. 🙂

    • Aku juga kagum sama orang2 yang bs pakai tangan kiri, lah kita ini terlalu mengandalkan tangan kanan pas tangannya sakit misalnya, rikuh bener pakai tangan kiri yaa. Penting juga kayaknya sedari kecil dilatih pake tangan kanan-kiri.

  8. waaa aku malah kepengen meningkatkan kemampuan tangan kiri supaya bisa gantian2 makenya.. kalo yang kanan cape pindah ke kiri, kalo yang kiri capek pindah ke kanan hehehe

  9. sekarang orang udah lebih terbuka kok mba sama kidal, mungkin karena informasi udah gampang dicari dan gampang diakses yah 🙂
    Tp emang ga bs dipungkiri kalo masih banyak yang mikir “tangan jelek”, mungkin sih karena asosiasinya sama apa yg kita lakukan dengan tangan kiri 😀

  10. Yah mungkin juga karena kebiasaan atau adat kita yg seperti mbak bilang juga jadi banyak yg nganggep kiri adalah jelek, padahal di banyak negara lain memakai tangan kiri secara dominan dianggap biasa.
    Tapi chi malah sering takjub sama teman-teman yg kidal, apalagi kalo lagi megang pisau atau gunting, lihai euy…

  11. gue sampe sekarang juga ngebiarin azka mau pake tangan apa. kadang dia pake tangan kiri terus ada yang liat (entah temen atau bonyok) komen “loh azka kidal?” ya gue jawab GA TAU. karena emang anaknya suka tuker2 pegang pensil atau apa2

    • Kalo aktif dua tangan justru lebih bagus, karena otaknya berkembang sama baiknya cmiiw. Yaa.. mau tangan kiri atau kanan, yang penting azka nya hepi dan nyaman yah 🙂

  12. wah, baru tau tentang kidal dan kerja otak kanan dan kiri ini.. eh Saya juga jadi pengen nyari2 info soal ini juga 🙂
    semoga mba dan Suami tetep semangat support Alea terus ya mba.. ga usah diambil pusing kalo ada yg komentar jelek2, kalo kata nenek Saya mah “just block out the crap you don’t want to hear.” hihihii.. salam buat Alea ya mba! 😉

  13. Alea cantik sekali mbak 🙂

    Banyak sekali ya mbak orang orang terkenal tangannya kidal, aku langsung ingat pangeran William pas tanda tangan pakai tangan kiri.

    Sayangnya memang di sana msh byk yg beranggapan negatif dgn yg bertangan kidal ya mbak

    • Ihiiyy.. makasiiih 😀 *emaknya yang berbunga-bunga*
      Ho’oh gemes udah 2013 gini masih ada yang mikir kidal=jelek, ujung2nya nyalahin kami ortunya yg nggak ngebiasain pakai ‘tangan bagus’ 😦 *maap curcol*

  14. Klo aku tetep kagum ama org2 yang bisa menggunakan kedua tangannya secara seimbang.. Berarti keren banget tuh mbak.. *daftar jadi fans ny aleya* 😀

  15. aku juga kidal mba sampai sekarang. waktu masih kecil sih ibuku sih ngelarang dan sempet marahin aku, tapi gimana dong kalo udah nyaman melakukan segala sesuatunya pake tangan kiri, susah berubahnya. trus waktu masuk SD sempet minder banget karena satu-satunya yang nulisnya berbeda, jadi aku akan milih tempat duduk yang pojok biar ga keliatan temen-temen yang lain, tapi kan ga mungkin juga wong duduknya pasti di pindah2, bahkan pernah aku down banget kalo ada temen yang ngejek aku dengan bilang *kebot kebot* sebel banget akhirnya berujung aku nangis dikelas, tapi makin lama aku belajar untuk cuek dan menerima keadaan kalo emang aku berbeda dari yang lain, jadi kalo ada yang ngejek aku, aku diem aja atau pergi dari situ. dan pas pas di SMP karena temen-temen berbeda jadi pede dan kalo ada yang nanya “kamu kidal yah?” aku langsung jawab ” iya, saya kidal”, tanpa malu-malu lagi sampai aku kerja sekarang.

    *lah jadi curcol nih*

    Salam buat Alea, kita tidak aneh, tapi kita itu unik 😀

      • Wah salut banget konsisten bertahan ditengah tekanan yang begitu berat 🙂 *thumbs up*
        Pengalaman yang seperti ini pasti salah satu yang menjadikanmu pribadi yang tangguh ya. Semoga ke depannya makin banyak yang berpikiran terbuka soal pemahaman pengguna tangan kiri ini.
        Salam kenal jugaaaa ^^

  16. Nice post 🙂
    Saya sendiri juga kidal, tangan dan kaki. Dan kayaknya jadi anak kidal di jaman sekarang jauh lebih mudah hidupnya dibanding anak kidal generasi 70an kayak saya 😦 Saya udah kenyang dicela orang2, dibilang gak sopan, dimarahin dan bahkan dipukul tangannya sama guru. Tapi bapak dan ibu saya nggak pernah satu kalipun menyuruh saya nulis pake tangan kanan. Dengan bangganya mereka membela kekidalan anaknya ini. Dan guru yg pernah mukul saya itu besoknya digruduk bapak saya hahahaha… oh i love my parents!
    Semoga Alea gak perlu mengalami kejadian2 menyebalkan kayak saya dulu yaaa 🙂

    • Wah kisahmu menginspirasi sekali, biar gimanapun ortu memang hrs menerima kondisi anak dan mencintai tanpa syarat ya. Semoga aku juga bisa kayak gitu. Makasih yaa 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s