Get Financially Fit

Pernah diceritain sebelumnya kan, kalo saya menang kuis berupa financial check up gratis.

Ditangani langsung oleh mbak Yosephien (@phien13), CCO & Senior Advisor nya Ardana Consulting, kami dikasih sejumlah form untuk diisi berupa jumlah aset aktif maupun pasif yang dimiliki, juga cash flow bulanan. Langkah selanjutnya tinggal beliau menganalisa kondisi keuangan kami.

Dan ternyata hasilnya, ……tidak sehat, sodara-sodara 😀

Ya nggak heran sih, porsi investasi yang kami jalanin masih minim banget, sedangkan itu sangat penting mengingat biaya pendidikan yang makin mahal, kami harus memastikan dananya cukup sampai kuliah buat kedua anak. Juga dana darurat yang belum mencukupi kalau sekiranya terjadi hal-hal yang nggak diinginkan sama suami *amit-amit* sebagai pencari nafkah utama.

Prinsip ‘setiap anak ada rejekinya’ memang nggak sepenuhnya salah sih, tapi ya nggak lantas kita diem aja tanpa usaha dong? Ya masa mau nunggu uang kaget, atau dapet warisan raja arab gitu? Apalagi biaya pendidikan naik sekitar 15%-20% tiap tahunnya, jangan sampai kita sampai harus jual-jual tanah *kaya punya aja* atau *amit-amit* anak sampai mengubur impiannya untuk bisa nerusin sekolah. Sayang banget kan.

Setelah diskusi seru dengan suami, akhirnya kami sepakat minta bantuan dari team Ardana untuk membuatkan financial plan dari dua poin yang sangat penting diatas. Jujur nih mulanya kami kira memakai jasa financial planner itu mahal, ternyata di Ardana biayanya cukup reasonable dan terjangkau, lho! Ternyata ini merupakan bagian dari visi mereka juga untuk mengedukasi lebih banyak orang supaya mencapai keuangan yang lebih sehat. Oke banget ya 🙂

image

Our Financial Plan book 🙂

Dan Jumat 12 April 2013 kemarin, dalam waktu kurun waktu sekitar dua minggu saja, akhirnya financial book plan kami selesai juga. Janjian ketemu langsung dengan mbak Pipin di kantornya, beliau dengan senang hati menjawab segala concern dan pertanyaan kami (yang benar-benar awam) soal investasi. Seru dan benar-benar membuka mata.

Ibaratnya kalo kayak orang jalan nyari alamat, kami tuh langsung ditunjukkan arah yang benar buat sampai selamat di tujuan, lengkap sama GPS nya. Nggak usah pusing takut nyasar dan nanya-nanya lagi.

Tinggal semoga kami bisa 100% komit dan disiplin, dan mengurangi pengeluaran yang keliatan penting tapi gak penting supaya bisa fokus menuju financial goals kami.

Oh ya sedikit tips yang mau coba financial check up gratis, rajin-rajin mantengin timeline @MomsGuideID belakangan suka ada kuis atau #momtalk berhadiah financial check up. Atau ke blognya mbak pipin dan ikuti petunjuknya di sana.

Kalo ada yang berminat mau langsung bikin plan sama beliau, nanti saya kasih kontaknya siapa tau ada harga khusus 🙂

So, what are you waiting for? Let’s invest for (our children) better future 😉

Advertisements

8 thoughts on “Get Financially Fit

    • Setelah plan dibuat, dalam jangka waktu 6bln-1tahun disarankan ikut review untuk tahu sejauh mana plan dijalankan, tapi tentunya semua kembali ke kita lagi mau disiplin demi mencapai tujuan atau nggak? 🙂

  1. Pingback: Cukup DUA aja yaa… | Making Memories

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s