Nge Blog, buat apa dan siapa?

*Ide postingan random yang udah berminggu-minggu nongkrong di draft, akhirnyaaaa.. punya keinginan kuat buat ngelarin juga* *kemudian tumpengan*

Perkenalan awal saya sama dunia per blogger an, kalo nggak salah sekitar awal tahun 2005 an, di blogspot. Itu pun nggak aktif dan isi postingan cuma berupa puisi-puisi norak yang entah kenapa kok saya mau publish di dunia maya, haha. Apa mungkin karna waktu itu lagi galau-galaunya diantara dua pilihan? Bisa jadi. Gak usah tanya nama blognya ya, lupa 😀

Sampai akhirnya nikah, sibuk kerja, trus waktu dan pikiran juga banyak tercurah pada alm. Bapak saya yang kala itu sakit keras, hobi iseng2 yang satu itu terbengkalai. Sampai akhirnya beliau berpulang, saya coba menyibukkan diri setelah itu, termasuk buat online shop buku2 baru & bekas, juga akhirnya bikin blog pribadi beneran di Multiply.

Awalnya saya beranggapan blog pribadi itu ya cuma semacam diary jurnal keseharian pleus pelepasan pemikiran di kepala aja, tapi ternyata bisa menambah teman juga. Makanya sedih bener pas akhirnya Multiply nutup fasilitas blogging dan akhirnya april kemarin beneran tutup. Sayang bener deh karena sama sekali nggak bisa nyelamatin apa-apa yang ditulis disana. Kehilangan media pengingat momen yang berarti waktu jadi blogger newbie, dan rasa yang membuncah kala ada yang mampir meninggalkan jejak hingga akhirnya lanjut berteman hingga kini.

Saya memang kurang telaten ‘mengabadikan’ cerita tentang suami dan anak-anak atau tentang pemikiran2 random sendiri, karena ya….. jujur nih, kadang saya suka takut ‘kebablasan’. Takut kalo apa-apa yang saya tulis sebetulnya bisa jadi aib buat diri saya sendiri dan keluarga, takut nyinggung perasaan orang… sampai takut dinilai bikin postingan yang nggak penting alias cuma nyampah doang. Ribet bener ya, sampe mikir kemana2. Maklum Virgo, hihi. *teu nyambung*

Tapiiii.. kalo dipikir2 lagi, apa sih tujuan awalnya kita (maksudnya saya) ngeblog? Mau berekspresi, atau semata demi menyenangkan pembaca?
Jawabannya tentu subyektif bagi masing-masing orang sih ya, kalo saya sih.. niatnya sebagai stress-release, media ‘pencatat’ momen penting, plus bisa nambah teman.

Seperti halnya apapun yang kita lakukan, ngeblog juga ada etikanya ya, sodara-sodara. Meski blog itu punya kita (dan kita selalu bisa nulis apa aja), harusnya sih nggak lupa untuk memikirkan dari sisi orang lain yang baca. Sebisa mungkin jangan sampai menyinggung, copas tulisan tanpa ijin, buka aib sendiri apalagi orang.. hal-hal yang nggak banget deh! *note to self*
Kayak yang pernah saya share di sini, sekali di publish, tulisan di blog akan selalu bisa dibaca siapapun, kapanpun. (Well, mungkin terkecuali yang di set private ya).

Kalo menurut teman-teman sendiri, gimana? 😉

image

Gambar dari sini

12 thoughts on “Nge Blog, buat apa dan siapa?

  1. Kalo aku lebih buat diri sendiri, hobi nulis tapi pengen juga dikasih feedback soal tulisan biar cepet berkembang hehe. Kan ceritanya keluar dari comfort zone 😛

  2. hai Henny, salam kenal dulu ya, sering liat di Tyke hihihi. Aku yg 6 thn bersama MP dan pas mengekspor gak bisa pake fotonya aja rasanya nyueseek, kebayang kalo gak bisa nyelamatin apa-apa. Aku awalnya ngeblog buar jurnal diri aja, krn seneng nulis dan baca. Ini juga me time yg murmer. Pas udah punya anak br mikir, ini jadi legacy buat anak-anakku nanti, dan sebagai ebo ebo aku suka bw buat belajar banyak dr ebo ebo lainnya. Blogging bikin aku relaks, dan blowalking bikin tambah pinter dan dikuatkan jg. Pas blogging aku juga sering takut kebablasan pamer atau nulis sesuatu yg terlalu personal. Masih belajar sih. Karena meski ini buat diri sendiri dan anak anak, once kita di socmed apalagi udah jalan ke mana mana, setidaknya agak mikirin jg jgn sampe tulisan kita jadi batu sandungan buat orang lain. Ih jadi panjang, aku jd semangat kepikiran nulis ini. Aku nanti nulis ya inspired by tulisan ini.

    • Salam kenal jugaaa 😀

      Ho’oh, nyesek bener memang kehilangan jurnal MP begitu aja, huhu 😦
      Aku pun niatnya ini juga sebagai warisan kenangan yang bisa dibaca anak2 kelak. Masih belajar juga untuk bikin postingan yang bermanfaat & menarik sih. Semoga makin termotivasi rajin posting dan makin baik lagi deh kualitas tulisannya ya, hehe.

  3. Setuju pisan hehehe

    Aku juga ngeblog awalnya karena ngerasa pingin numpahin segala apapun yang ada di kepala. Orang sekitar udah capek denger aku ngoceh kali jadi aku lebih milih lewat blog aja. Aku pun baru tau kalo ternyata lewat blog bisa dapet temen baru heheheh Seru ya ternyata

  4. ngeblog buatku adalah sharing (kadang pamering juga, sih.. hihi) trus niat awal sih emang cuma buat ajang curhatan sendiri aja. Eh, ternyata jadi nambah temen. ALhamdulillah… 😀
    Kalo mau curhat ttg sesuatu yang nggak memuaskan kita, hrs hati2, jangan sampe kena pasal pencemaran nama baik. 🙂

  5. Pingback: Pinjem Judul Novi : You Can’t Have It All | Let Love and Faithfulness Never Leave Us

Leave a Reply

