Catch Up Imunisasi

Aaah… lupa apdet soal ini.

Saya pernah cerita soal Alika sakit Campak sekitar sebulan yang lalu. Nah, di postingan itu ada pertanyaan dari Dhira, apa setelah kena Campak masih perlu MMR lagi?

Browsing sana-sini, ada yang bilang perlu… ada yang nggak. Daripada kelamaan galau, kemudian diberanikanlah bertanya pada pak Dokter @dirgarambe via twitter.
*yeah i know ini terkesan nggak mau modal amat, yes*
FYI beliau ini adalah putera Indonesia yang merupakan vaksinolog termuda di dunia, lho. Wow, bangga ya! 🙂
Dan jawaban beliau, meski sudah pernah kena Campak tetap perlu vaksin MMR, ya. Karena dalam vaksin tersebut kan nggak cuma terkandung vaksin untuk mencegah penyakit campak (Measles), tapi juga untuk penyakit gondongan/parotitis (Mumps) & campak jerman (Rubella). Dan waktunya, segera setelah sembuh boleh langsung imunisasi.

Oh iya, imunisasi Campak di usia 9 bulan kan, tapi misalnya kalau sampai umur 1 tahun belum juga imun tsb, langsung saja MMR. Karena efektifitas vaksin Campak paling baik untuk anak dibawah 1 tahun, cmiiw. Kalau sudah imunisasi Campak, minimal 6 bulan setelahnya lakukan imunisasi MMR. Jadi itulah kenapa di jadwal imunisasi tertulis imun Campak 9 bulan, MMR di 15 bulan, ya.

Tapi kalau masih ragu sama isu MMR dan autisme, mau ditunda dulu ya terserah anda. Tapi inget, yang namanya penyakit kan nggak nunggu kapan kita siapnya, kan?
Lagipula isu tersebut udah banyak bantahannya di mana2 apalagi di jurnal2 kesehatan, tapi sekali lagi… it’s your choice.

Jadi…. wiken itu juga, tepat 3 minggu setelah sembuh, Alika langsung diboyong ke DSA untuk catch-up imunisasi MMR dan Hep A, dan bulan depannya dijadwalkan untuk Thypoid-nya. Dan setelah cek buku kesehatan ternyata jadi hrs barengan sama Alea, yang ketinggalan untuk vaksin Hep A ke 2 (yang seharusnya di 6-12 bulan sejak imunisasi pertama di usia 2 tahun). D’oh!

Well, I’ve learned my lesson.

Urusan imunisasi anak jangan sampai telat lagi. Yuk smart parents, rajin2 cek buku kesehatan anak, download panduan imunisasi, lingkari kalender, set reminder dgn alarm di hape. Sehat itu mahal, gan! Kita tentunya cuma mau yang terbaik untuk anak2 kita, ya toh? 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Catch Up Imunisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s