What If…

Bulan lalu ada berita duka, ninin nya anak-anak yakni ibunda tercinta dari suami tersayang berpulang.

Kami berempat sekaligus adik nomor 2 beserta kedua anaknya kala itu pulang ke Ciamis menengok Mamah dengan sedikit perasaan khawatir, karena beliau memang nyaris tidak pernah mengeluhkan sakitnya. Sore itu saat kami sampai pun beliau duduk di ruang tengah seakan sudah menunggu kami dengan wajah sumringah. Seketika keyakinan beliau bisa sembuh langsung membuncah.

Hingga malam tiba kami semua masih bertukar cerita walau beliau lebih banyak tiduran, tapi melihat beliau masih bisa ke kamar mandi sendiri membuat kami nggak berpikir bahwa beliau nggak lama lagi akan pergi. Bahkan kurang dari satu jam sebelumnya, sekitar jam 12 malam, saya masih dengar beliau minta dibuatkan teh manis ke adik ipar. Beliau meninggal tepat hari Jumat 20 Feb 2015 sekitar jam 1 pagi dalam keadaan tidur dikelilingi anak mantu dan cucu-cucunya. Inalillahi wa inalillahi rojiuun, sampai kini masih nggak percaya secepat ini Allah SWT memanggilnya.

image

Kenangan terakhir enin bersama cucu2nya

Saat ditimpa musibah naluri kita sebagai manusia kadang berkata “andaikan…” meski sesungguhnya segala sesuatunya yang merupakan takdir takkan bisa dirubah kecuali atas kehendak Allah SWT. Berat memang kala orang itu berpulang dan tidak ada lagi yang bisa lakukan apalagi kita perbaiki. Bismillah, ikhlas.

Selamat jalan Mah, Insya Allah khusnul khotimah dan ditempatkan ke dalam golongan orang-orang mukmin.

احرص على ما ينفعك، واستعن بالله ولا تعجز، وإن أصابك شيء، فلا تقل لو أني فعلت كان كذا وكذا، ولكن قل قدر الله وما شاء فعل، فإن لو تفتح عمل الشيطان

“Semangatlah dalam menggapai apa yang manfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bersikap lemah. Jangan pula mengatakan: ‘Andaikan aku berbuat demikian tentu tidak akan terjadi demikian’ namun katakanlah: ‘Ini takdir Allah, dan apapun yang Allah kehendaki pasti Allah wujudkan’ karena berandai-andai membuka tipuan setan.” – (HR. Muslim 2664)

Advertisements

9 thoughts on “What If…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s